Experience

Minggu, 27 Maret 2011

Mengenal Ekosistem Mangrove

by Unknown  |  in Article Kehutanan at  21.27


Mengenal Ekosistem Mangrove
A. Definisi Mangrove
Kata ‘mangrove’ merupakan kombinasi antara bahasa Portugis mangue dan bahasa Inggris grove . Dalam bahasa Inggris, kata mangrove digunakan untuk komunitas tumbuhan yang tumbuh di daerah jangkauan pasang surut dan untuk individu-individu spesies tumbuhan yang menyusun komunitas tersebut. Sedang dalam bahasa Portugis kata ’mangrove’ digunakan untuk menyatakan individu spesies tumbuhan, sedangkan kata ’mangal’ digunakan untuk menyatakan komunitas tumbuhan tersebut. Sedangkan menurut FAO, kata mangrove sebaiknya digunakan untuk individu jenis tumbuhan maupun komunitas tumbuhan yang hidup di daerah pasang surut.
Menurut Snedaker (1978) dalam Kusmana (2003), hutan mangrove adalah kelompok jenis tumbuhan yang tumbuh di sepanjang garis pantai tropis sampai sub-tropis yang memiliki fungsi istimewa di suatu lingkungan yang mengandung garam dan bentuk lahan berupa pantai dengan reaksi tanah an-aerob. Sedangkan menurut Tomlinson (1986), kata mangrove berarti tanaman tropis dan komunitasnya yang tumbuh pada daerah intertidal. Daerah intertidal adalah wilayah dibawah pengaruh pasang surut sepanjang garis pantai, seperti laguna, estuarin, pantai dan river banks. Mangrove merupakan ekosistem yang spesifik karena pada umumnya hanya dijumpai pada pantai yang berombak relatif kecil atau bahkan terlindung dari ombak, di sepanjang delta dan estuarin yang dipengaruhi oleh masukan air dan lumpur dari daratan.
Dengan demikian secara ringkas dapat didefinisikan bahwa hutan mangrove adalah tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang surut (terutama pada pantai yang terlindung, laguna, muara sungai) yang tergenang pasang dan bebas genangan pada saat surut yang komunitas tumbuhannya bertoleransi terhadap garam. Sedangkan ekosistem mangrove merupakan suatu sistem yang terdiri atas organisme (hewan dan tumbuhan) yang berinteraksi dengan faktor lingkungannya di dalam suatu habitat mangrove.
Ada beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut hutan mangrove. Antara lain tidal forest, coastal woodland, vloedbosschen, hutan payau dan hutan bakau. Khusus untuk penyebutan hutan bakau, sebenarnya istilah ini kurang sesuai untuk menggambarkan mangrove sebagai komunitas berbagai tumbuhan yang berasosiasi dengan lingkungan mangrove. Di Indonesia, istilah bakau digunakan untuk menyebut salah satu genus vegetasi mangrove, yaitu Rhizopora. Sedangkan kenyataannya mangrove terdiri dari banyak genus dan berbagai jenis, sehingga penyebutan hutan mangrove dengan istilah hutan bakau sebaiknya dihindari.
Secara ringkas ekosistem mangrove terbentuk dari unsur-unsur sebagai berikut :
a. spesies pohon dan semak yang benar-benar memiliki habitat terbatas di lingkungan mangrove (exclusive mangrove)
b. spesies pohon dan semak yang mampu hidup di lingkungan mangrove dan di luar lingkungan mangrove (non-exclusive mangrove)
c. berbagai biota yang hidupnya berasosiasi dengan lingkungan mangrove, baik biota yang keberadaannya bersifat menetap, sekedar singgah mencari makan maupun biota yang keberadaannya jarang ditemukan di lingkungan mangrove
d. berbagai proses yang terjadi di ekosistem mangrove untuk mempertahankan keberadaan ekosistem mangrove itu sendiri
e. hamparan lumpur yang berada di batas hutan sebenarnya dengan laut
f. sumber daya manusia yang berada di sekitar ekosistem mangrove
Hutan mangrove dapat ditemukan di pesisir pantai wilayah tropis sampai sub tropis, terutama pada pantai yang landai, dangkal, terlindung dari gelombang besar dan muara sungai. Secara umum hutan mangrove dapat berkembang dengan baik pada habitat dengan ciri-ciri sebagai berikut :
a. jenis tanah berlumpur, berlempung atau berpasir, dengan bahan bentukan berasal dari lumpur, pasir atau pecahan karang/koral
b. habitat tergenang air laut secara berkala, dengan frekuensi sering (harian) atau hanya saat pasang purnama saja. Frekuensi genangan ini akan menentukan komposisi vegetasi hutan mangrove
c. menerima pasokan air tawar yang cukup, baik berasal dari sungai, mata air maupun air tanah yang berguna untuk menurunkan kadar garam dan menambah pasokan unsur hara dan lumpur
d. berair payau (2-22 ‰) sampai dengan asin yang bisa mencapai salinitas 38 ‰
Secara umum hutan mangrove memiliki karakteristik sebagai berikut :
a. Tidak dipengaruhi oleh iklim, tetapi dipengaruhi oleh pasang surut air laut (tergenang air laut pada saat pasang dan bebas genangan air laut pada saat surut)
b. Tumbuh membentuk jalur sepanjang garis pantai atau sungai dengan substrat anaerob berupa lempung (firm clay soil), gambut (peat), berpasir (sandy soil) dan tanah koral
c. Struktur tajuk tegakan hanya memiliki satu lapisan tajuk (berstratum tunggal). Komposisi jenis dapat homogen (hanya satu jenis) atau heterogen (lebih dari satu jenis). Jenis-jenis kayu yang terdapat pada areal yang masih berhutan dapat berbeda antara satu tempat dengan lainnya, tergantung pada kondisi tanahnya, intensitas genangan pasang surut air laut dan tingkat salinitas
d. Penyebaran jenis membentuk zonasi. Zona paling luar berhadapan langsung dengan laut pada umumnya ditumbuhi oleh jenis-jenis Avicennia spp dan Sonneratia spp (tumbuh pada lumpur yang dalam, kaya bahan organik). Zona pertengahan antara laut dan daratan pada umumnya didominasi oleh jenis-jenis Rhizophora spp. Sedangkan zona terluar dekat dengan daratan pada umumnya didominasi oleh jenis-jenis Brugiera spp.
B. Diversitas Flora Mangrove
Tomlinson (1986) membagi flora mangrove menjadi 3 elemen, yaitu elemen mangrove mayor, elemen mangrove minor dan elemen mangrove asosiasi. Tomlinson mengklasifikasi ketiga macam elemen flora mangrove ini sebagai berikut : 9 genus dan 34 jenis untuk elemen mangrove mayor, 11 genus dan 20 jenis untuk elemen mangrove minor serta 46 genus dan 60 jenis untuk elemen mangrove asosiasi.
Flora elemen mangrove mayor pada umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Hanya hidup pada daerah mangrove, secara alami hanya terdapat pada ekosistem mangrove dan tidak ditemukan  di komunitas teresterial/darat
2. Memiliki peran utama dalam struktur komunitas vegetasi mangrove dan memiliki kemampuan untuk membentuk tegakan murni (pure stand)
3. Membentuk morfologi khusus untuk beradaptasi dengan lingkungannya, misalnya dengan adanya akar napas (aerial root), berasosiasi dengan pertukaran gas, vivipari dan kriptovivipari embrio
4. Mekanisme fisiologis untuk pengeluaran garam sehingga beberapa jenis vegetasi mangrove dapat tumbuh pada tempat dengan kadar garam rendah sampai tinggi
5. Isolasi taksonomi dari kelompok teresterial, mangrove sejati terpisahkan dari kelompoknya paling sedikit pada tingkat genus dan terkadang pada tingkatan sub-famili atau famili.
Contoh dari elemen mayor adalah Avicennia marina (api-api), Sonneratia alba (pidada, prapat), Rhizopora mucronata (bakau), Ceriops tagal (mentingi), Bruguiera gymnorrhyza (lindur) dan Nypa frutican (nipah).
Elemen flora mangrove minor biasanya tidak membentuk elemen vegetasi yang mencolok, tetapi hanya dijumpai di tepian habitat tersebut dan hampir tidak pernah membentuk suatu tegakan murni. Contoh dari elemen minor adalah Pemphis acidula (centigi), Aegiceras corniculatum, Excoecaria agalocha (buta-buta) dan Xylocarpus granatum (nyirih).
Sedangkan elemen flora mangrove asosiasi pada umumnya tidak memiliki ciri morfologi yang biasanya dimiliki oleh elemen mayor dan elemen minor (tidak memiliki akar napas, tipe buah dan biji yang normal, tidak memiliki mekanisme untuk pengeluaran garam) dan sering kali hanya dijumpai pada tepi mangrove lebih dekat ke daratan. Contoh dari elemen asosiasi adalah Terminalia catapa (ketapang), Thespesia populnea, Barringtonia asiatica dan Cerberra manghas (bintaro).
Sedangkan Giesen ( - ) menyebutkan bahwa vegetasi mangrove di Indonesia mencapai 202 jenis, yang terdiri dari 89 spesies pohon, 5 spesies palem, 19 jenis liana, 44 jenis herba tanah, 44 jenis epifit dan 1 jenis sikas.
Berdasarkan peran vegetasi terhadap habitat mangrove, Chapman dalam Kusmana (2003) membagi flora mangrove menjadi dua kategori, yaitu :
1. Flora Mangrove Inti, yaitu flora mangrove yang memiliki peran ekologi utama dalam formasi mangrove. Contohnya adalah genus Rhizopora, Bruguiera, Ceriops, Kandelia, Sonneratia, Avicennia, Nypa, Xylocarpus, Derris, Acanthus, Lumnitzera, Schypipora dan Dolichandrone
2. Flora Mangrove Peripheral (pinggiran), yaitu flora mangrove yang secara ekologi berperan dalam formasi mangrove, tetapi flora tersebut juga berperan penting dalam formasi hutan lain. Contohnya adalah Excoecaria agalocha, Acrostichum aureum, Cerbera manghas, Heritiera litoralis dan Hibiscus tilliaceus.
Vegetasi mangrove di dunia dapat dijumpai pada sepanjang pantai tropis sampai sub tropis dengan kondisi lingkungan yang sesuai (pada pantai terlindung, bebas dari ombak besar, teluk, laguna, estuarin). Sedangkan penyebarannya dapat dijumpai dari 32° LU sampai dengan 38° LS. Menurut Chapman dalam Kusmana (2003), berdasarkan keragaman penyebaran vegetasi di dunia, vegetasi mangrove dibagi menjadi dua yaitu :
1. The Old World Mangrove, penyebarannya meliputi Afrika Timur, Laut Merah, India, Asia Tenggara, Jepang, Filipina, Australia, New Zealand, Kepulauan Pasifik dan Samoa (disebut juga dengan Grup Timur)
2. The New World Mangrove, penyebarannya meliputi pantai Atlantik dari Afrika dan Amerika, Meksiko, pantai Pasifik Amerika dan Kepulauan Galapagos (disebut juga dengan Grup Barat). Keragaman jenis Grup Barat relatif lebih sedikit dibanding dengan keragaman di Grup Barat
C. Zonasi Mangrove
Vegetasi mangrove biasanya tumbuh di habitat mangrove membentuk zonasi mulai dari daerah yang paling dekat dengan laut sampai dengan daerah yang dekat dengan daratan. Pada kawasan delta atau muara sungai, biasanya vegetasi mangrove tumbuh subur pada areal yang luas dan membentuk zonasi vegetasi yang jelas. Sedangkan pada daerah pantai yang lurus, biasanya vegetasi mangrove tumbuh membentuk sabuk hijau/green belt dengan komposisi yang hampir seragam (Nirarita, dkk, 1996).
Identifikasi zonasi didasarkan pada jenis mangrove atau kelompok jenis mangrove dan dinamakan sesuai dengan jenis vegetasi yang dominan, yang tumbuh pada areal tertentu. Beberapa faktor penting yang dianggap paling berperan dalam pembentukan zonasi mangrove antara lain sebagai berikut :
a. pasang surut air laut yang secara langsung mengontrol ketinggian muka air dan salinitas air serta tanah
b. tipe tanah yang berkorelasi langsung dengan aerase, draenase dan tinggi muka air
c. kadar garam air dan tanah
d. cahaya yang berkorelasi langsung dengan daya tumbuh semaian
e. pasokan dan aliran air tawar
Secara umum, zona yang paling dekat dengan laut (berhadapan langsung dengan laut) didominasi oleh jenis-jenis Avicennia dan Sonneratia. Sedangkan zona pertengahan biasanya didominasi oleh jenis-jenis Rhizopora dan kadang juga ditemui jenis Bruguiera. Zona yang paling dekat dengan daratan biasanya didominasi oleh jenis-jenis Bruguiera, Ceriops, Xylocarpus dan Lumnitzera.
Menurut Giesen dkk ( - ), zonasi yang paling umum dijumpai ada empat macam, yaitu :
a. The Exposed Mangrove (zona terluar, paling dekat dengan laut). Secara umum zona ini didominasi oleh Sonneratia alba, Avicennia alba dan Avicennia marina
b. Central Mangrove (zona pertengahan antara lat dan darat). Secara umum zona ini didominasi oleh jenis-jenis Rhizopora, kadang juga ditemui jenis-jenis Bruguiera
c. The Rear Mangrove (back mangrove, landward mangrove, areal yang paling dekat dengan daratan). Zona ini biasanya tergenangi oleh pasang tinggi saja. Seringkali didominasi oleh jenis-jenis Bruguiera, Lumnitzera, Xylocarpus dan Pandanus sp
d. Brackish Stream Mangrove (aliran sungai dekat mangrove yang berair payau). Pada zona ini sering dijumpai komunitas Nypa frutican dan kadang dijumpai Sonneratia caseolaris serta Xylocarpus granatum.
D. Adaptasi Flora Mangrove
Secara sederhana, tipe adaptasi flora mangrove terhadap habitatnya dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu adaptasi terhadap konsentrasi kadar garam, adaptasi terhadap substrat lumpur dan kondisi tergenang serta adaptasi reproduktif.
Adaptasi flora mangrove terhadap kadar garam antara lain sebagai berikut :
1. Sekresi garam (salt extrusion/salt secretion). Flora mangrove menyerap air dengan kadar garam tinggi kemudian mengekskresikan garam dengan kelenjar garam yang terdapat pada daun. Mekanisme ini biasanya dilakukan oleh Avicennia, Sonneratia, Aegiceras, Aegialitis, Acanthus, Laguncularia dan Rhizopora (melalui unsur-unsur gabus pada daun)
2. Mencegah masuknya garam (salt exclusion). Flora mangrove menyerap air tetapi mencegah masuknya garam melalui saringan / ultra filter yang terdapat pada akar. Mekanisme ini dilakukan oleh Rhizopora, Ceriops, Sonneratia, Avicennia, Osbornia, Bruguiera, Excoecaria, Aegiceras, Aegialitis dan Acrostichum
3. Akumulasi garam (salt accumulation). Flora mangrove sering menyimpan natrium dan khlorida pada bagian kulit kayu, akar dan daun yang sudah tua. Daun penyimpan garam umumnya sukulen dan pengguguran daun sukulen ini diperkirakan merupakan mekanisme pengeluaran kelebihan garam yang dapat menghambat pertumbuhan dan pembentukan buah. Mekanisme ini dilakukan oleh Excoecaria, Lumnitzera, Avicennia, Osbornia, Rhizopora, Sonneratia dan Xylocarpus.
Adaptasi flora mangrove terhadap substrat lumpur dan kondisi tergenang antara lain sebagai berikut :
1. Akar pensil (pneumathophores). Akar berbentuk seperti tonggak/pensil yang muncul dari sistem akar kabel dan memanjang secara vertikal ke udara, misalnya pada Avicennia dan Sonneratia
2. Akar lutut (knee root). Akar lutut merupakan modifikasi dari akar kabel yang pada awalnya tumbuh ke arah permukaan kemudian melengkung menuju substrat lagi, misalnya pada Bruguiera
3. Akar tunjang (stilt root). Akar tunjang merupakan akar yang keluar dari batang pohon dan menancap ke dalam substrat, misalnya pada Rhizopora dan Ceriops
4. Akar papan (buttres root). Akar ini mirip dengan banir, melebar menjadi bentuk lempeng, misalnya pada Heritiera
5. Akar gantung (aerial root). Akar gantung merupakan akar yang tidak bercabang yang muncul dari batang atau cabang bagian bawah tetapi biasanya tidak mencapai substrat, misalnya pada Rhizopora, Avicennia dan Acanthus.
Adaptasi flora mangrove terhadap mekanisme reproduksi antara lain sebagai berikut :
1. Pembungaan dan polinasi. Polen yang berukuran kecil dan tidak bertangkai memungkinkan polinasi dengan bantuan angin, serangga dan burung. Polen bertangkai polinasi dibantu dengan serangga tertentu. Bunga Sonneratia mekar pada malam hari sehingga polinasi dibantu oleh serangga yang aktif di malam hari
2. Produksi propagul. Kebanyakan mangrove di daerah sub-tropis menghasilkan propagul masak pada musim panas. Sedang pada daerah tropis mangrove berbunga dan berbuah umumnya pada awal musim kemarau
3. Vivipari dan kriptovivipari. Vivipari adalah biji sudah berkecambah ketika masih diatas pohon dan embrio telah keluar dari pericarp, misalnya pada Rhizopora, Bruguiera, Ceriops dan Kandelia. Sedangkan Kriptovivipari adalah biji sudah berkecambah ketika masih diatas pohon (embrio berkembang di dalam buah) tetapi tidak cukup kuat menembus pericarp
4. Penyebaran propagul dan pembentukannya. Propagul pohon-pohon mangrove biasanya memiliki kemampuan mengapung sehingga dapat beradaptasi dengan penyebaran oleh air. Misal pada Rhizopora, selama proses vivipari buah memanjang dan distribusi beratnya berubah sehingga menjadi lebih berat pada bagian ujung bawah serta akhirnya terlepas. Kemudian propagul ini mengapung di air (atau langsung menancap di substrat ketika air surut), tumbuh dimulai dari akar yang muncul dari ujung propagul dan bertahap akan menjadi individu baru.
E. Fungsi Mangrove
Fungsi mangrove secara umum dapat diuraikan sebagai berikut :
1.  Fungsi Fisik
a. menjaga garis pantai dan tebing sungai dari erosi/abrasi agar tetap stabil
b. mempercepat perluasan lahan
c. mengendalikan intrusi air laut
d. melindungi daerah di belakang mangrove dari hempasan gelombang dan angin kencang
e. menguraikan/mengolah limbah organik
2.  Fungsi Biologis/Ekologis
  1. tempat mencari makan (feeding ground), tempat memijah (spawning ground) dan tempat berkembang biak (nursery ground) berbagai jenis ikan, udang, kerang dan biota laut lainnya
  2. tempat bersarang berbagai satwa liar, terutama burung
  3. sumber plasma nutfah
3.  Fungsi Ekonomis
a. hasil hutan berupa kayu
b. hasil hutan bukan kayu, seperti madu, bahan obat-obatan, minuman, makanan, tanin
c. lahan untuk kegiatan produksi pangan dan tujuan lain (pemukiman, pertambangan, industri, infrastruktur, transportasi, rekreasi)
F. Penutup
1. Mangrove merupakan salah satu tipe hutan dengan karakter yang spesifik dan memiliki beberapa fungsi, antara fungsi fisik, biologis dan ekonomis dimana ketiganya harus bisa berfungsi secara integral dan tidak tersegmentasi
2. Perencanaan pembangunan nasional, utamanya di wilayah pesisir yang memiliki ekosistem mangrove, harus bisa menyeimbangkan antara kebutuhan pembangunan di satu sisi dan upaya penyelamatan kelestarian lingkungan mangrove di sisi yang lain
DAFTAR PUSTAKA
  • Giesen, dkk,   -    , A Field Guide of Indonesian Mangrove , Bogor : Wetlands International-Indonesian Programme
  • Hachinoe, dkk , 1998 , Manual Persemaian Mangrove – di Bali , Denpasar : PT. Indografika Utama
  • Kitamura, dkk , 1997 , Handbook of Mangrove in Indonesia – Bali & Lombok ,  -  : ISME & JICA
  • Kusmana, dkk , 2003 , Teknik Rehabilitasi Mangrove , Bogor : Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor
  • Nirarita, dkk , 1996 , Ekosistem Lahan Basah – Indonesia , Bogor : Wetlands International-Indonesia Programme
  • Taniguchi, dkk , 1999 , Manual Silvikultur Mangrove – Untuk Bali & Lombok , Denpasar : PT. Khrisna Inter Visi Media
  • Tomlinson, 1986 , The Botany of Mangrove , New York : Cambridge University Press

48 komentar:

  1. Hi, I do think this is a great blog. I stumbledupon it ;) I am
    going to come back yet again since I book-marked it.
    Money and freedom is the best way to change, may
    you be rich and continue to help other people.

    Here is my site; social bookmarking service

    BalasHapus
  2. Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your web
    site, how can i subscribe for a blog web site? The account helped me a acceptable deal.
    I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear
    idea

    Here is my weblog: how to cleanse your body of toxins Naturally

    BalasHapus
  3. I really like reading a post that will make people think. Also, thank you for permitting me to comment!


    Feel free to surf to my website ... how to improve Eyesight

    BalasHapus
  4. Wow, superb blog structure! How lengthy have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The entire look of your website is
    excellent, let alone the content material!


    My page: Suggested Looking at

    BalasHapus
  5. Hey, I think your site might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog in Safari, it looks fine but when opening
    in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to
    give you a quick heads up! Other then that, very good blog!


    Look into my page click the next page

    BalasHapus
  6. Keep on writing, great job!

    Feel free to visit my site - World Of Tanks Hack

    BalasHapus
  7. This site certainly has all of the info
    I wanted about this subject and didn't know who to ask.

    My web page; coconut oil For hair

    BalasHapus
  8. Touche. Outstanding arguments. Keep up the good effort.


    my web site :: recycling facts

    BalasHapus
  9. It's appropriate time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions. Perhaps you could write next articles referring to this article. I wish to read more things about it!

    Here is my web-site ... coconut oil for hair

    BalasHapus
  10. It's remarkable to pay a quick visit this web site and reading the views of all friends on the topic of this piece of writing, while I am also zealous of getting know-how.

    Visit my blog post Diarrhea remedies

    BalasHapus
  11. Hey there, You've done an excellent job. I'll definitely digg it and
    personally recommend to my friends. I'm confident they will be benefited from this web site.

    Feel free to surf to my web-site :: coconut oil for hair

    BalasHapus
  12. Hi I am so thrilled I found your website, I really found you by error,
    while I was browsing on Askjeeve for something else,
    Anyways I am here now and would just like to say thank you for a incredible post and a all round interesting blog (I also love
    the theme/design), I don't have time to go through it all at the moment but I have saved it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the great job.

    Look into my weblog; Unknown

    BalasHapus
  13. I'd like to thank you for the efforts you have put in writing this blog. I am hoping to check out the same high-grade content from you in the future as well. In truth, your creative writing abilities has motivated me to get my very own site now ;)

    Here is my web site: Unknown

    BalasHapus
  14. What's up friends, pleasant article and nice arguments commented here, I am actually enjoying by these.

    Feel free to surf to my blog Unknown

    BalasHapus
  15. I got this website from my pal who informed me regarding this web site
    and at the moment this time I am visiting this site
    and reading very informative posts at this time.



    My webpage; Unknown

    BalasHapus
  16. Do you have a spam problem on this blog; I also am a blogger, and
    I was curious about your situation; many of us have developed some nice practices and we are looking to swap strategies with other folks,
    why not shoot me an email if interested.


    Look at my homepage Microsoft Points To Buy

    BalasHapus
  17. Excellent way of explaining, and good post to
    take data concerning my presentation topic,
    which i am going to present in academy.

    Check out my web-site :: Download 7Zip

    BalasHapus
  18. Can I simply just say what a relief to uncover somebody who really understands what
    they are discussing on the net. You certainly realize how to bring an issue
    to light and make it important. A lot more people ought to look at this and understand this side of the
    story. I can't believe you're not more popular since you certainly have the gift.


    Here is my homepage ... Unknown

    BalasHapus
  19. What's up to all, the contents existing at this web page are really amazing for people experience, well, keep up the good work fellows.

    my weblog; Unknown

    BalasHapus
  20. hey there and thank you for your info – I've definitely picked up something new from right here. I did however expertise several technical points using this web site, as I experienced to reload the web site many times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your web host is OK? Not that I'm complaining, but slow loading instances times will
    very frequently affect your placement in google and could damage your quality score if advertising
    and marketing with Adwords. Anyway I'm adding this RSS to my email and could look out for much more of your respective intriguing content. Make sure you update this again very soon.

    Also visit my homepage Unknown

    BalasHapus
  21. If some one needs expert view concerning blogging and site-building afterward i
    propose him/her to visit this webpage, Keep up
    the nice job.

    My blog; http://jeannie6031.skyrock.com

    BalasHapus
  22. Fantastic blog! Do you have any helpful hints for aspiring writers?
    I'm hoping to start my own site soon but I'm a little lost on everything.
    Would you advise starting with a free platform like Wordpress or go for a paid option?
    There are so many choices out there that
    I'm completely confused .. Any tips? Thanks a lot!

    Have a look at my web page stretch Marks

    BalasHapus
  23. What's up everyone, it's my first go to see at this site, and paragraph is
    truly fruitful for me, keep up posting these types of articles or reviews.


    my weblog Psn Code Generator

    BalasHapus
  24. Howdy! I could have sworn I've visited this website before but after going through many of the articles I realized it's new to me.
    Anyways, I'm definitely happy I came across it and I'll be
    book-marking it and checking back often!

    Feel free to visit my blog post: diarrhea remedies

    BalasHapus
  25. It's not my first time to visit this site, i am visiting this web page dailly and take pleasant information from here everyday.

    My web-site :: Unknown

    BalasHapus
  26. Hi there, all the time i used to check blog posts here early in
    the daylight, since i like to learn more and more.

    My site ... Unknown

    BalasHapus
  27. I just could not leave your site prior to suggesting that I really loved the usual
    info an individual provide on your visitors? Is going to be
    back regularly to check out new posts

    Feel free to visit my weblog Generateur de Code PSN

    BalasHapus
  28. After I originally commented I seem to have clicked on the -Notify me
    when new comments are added- checkbox and now whenever
    a comment is added I receive 4 emails with the same comment.
    Is there an easy method you can remove me
    from that service? Appreciate it!

    Here is my web site :: Microsoft Office Gratuit

    BalasHapus
  29. This info is invaluable. Where can I find out more?



    my web blog: PS3 Jailbreak 4.41

    BalasHapus
  30. Thank you for every other informative blog. Where else
    may just I am getting that kind of information written in such a perfect way?
    I have a challenge that I am simply now operating on,
    and I've been at the glance out for such info.

    Here is my site :: permanent hair straightening

    BalasHapus
  31. I’m not that much of a internet reader to be
    honest but your blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back in the future. Cheers

    Stop by my webpage ps3 jailbreak download

    BalasHapus
  32. Wow that was strange. I just wrote an extremely
    long comment but after I clicked submit my comment didn't appear. Grrrr... well I'm not writing all that
    over again. Regardless, just wanted to say wonderful blog!



    Here is my website: the Interlace

    BalasHapus
  33. You have made some good points there. I looked on the web for additional information about
    the issue and found most people will go along
    with your views on this web site.

    Also visit my web blog ... Dragon City Cheat Engine

    BalasHapus
  34. Hello! I could have sworn I've visited this web site before but after browsing through a few of the articles I realized it's new to me.
    Nonetheless, I'm certainly delighted I discovered it and I'll be bookmarking it and checking back regularly!


    my web page: candy crush Saga Hack

    BalasHapus
  35. Excellent site. Plenty of helpful info here. I'm sending it to a few buddies ans also sharing in delicious. And naturally, thanks to your sweat!

    Feel free to surf to my weblog Psn Code Generator

    BalasHapus
  36. Today, while I was at work, my cousin stole my apple ipad and
    tested to see if it can survive a 30 foot drop, just so she can be a youtube sensation.

    My iPad is now broken and she has 83 views. I know this is totally off topic but I had to share it with someone!


    Also visit my web-site :: World Of Tanks Hack

    BalasHapus
  37. Thanks for finally talking about > "Mengenal Ekosistem Mangrove"
    < Loved it!

    my homepage :: jailbreak Playstation 3

    BalasHapus
  38. Wonderful work! That is the kind of information that are supposed to be shared across the net.
    Shame on the search engines for not positioning this publish upper!
    Come on over and consult with my website . Thanks =)

    Also visit my web blog ... Code Psn Gratuit **

    BalasHapus
  39. Hello! This is my first visit to your blog! We are
    a group of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche.

    Your blog provided us beneficial information to
    work on. You have done a extraordinary job!

    Here is my web-site :: Psn Code Generator

    BalasHapus
  40. Woah! I'm really enjoying the template/theme of this site. It's simple, yet effective.

    A lot of times it's challenging to get that "perfect balance" between user friendliness and visual appeal. I must say you have done a awesome job with this. Additionally, the blog loads extremely quick for me on Safari. Superb Blog!

    my webpage ps3 jailbreak :: ::

    BalasHapus
  41. I have read so many articles or reviews on the topic of the blogger
    lovers however this paragraph is genuinely a nice paragraph, keep it
    up.

    Here is my blog post: Minecraft Gift Code Generator

    BalasHapus
  42. Whats up very cool web site!! Man .. Excellent .. Amazing .
    . I'll bookmark your website and take the feeds additionally? I am satisfied to seek out numerous useful info right here within the publish, we need develop extra techniques on this regard, thanks for sharing. . . . . .

    Feel free to surf to my web-site :: Minecraft Gift Code Generator

    BalasHapus
  43. I am truly happy to read this website posts which includes plenty
    of helpful facts, thanks for providing these data.


    My weblog; Codes Psn Gratuit

    BalasHapus
  44. Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you wrote the
    book in it or something. I think that you can do with a few
    pics to drive the message home a bit, but instead of that, this
    is excellent blog. An excellent read. I'll certainly be back.

    Look at my blog :: Minecraft Crack

    BalasHapus
  45. I know this website presents quality dependent articles or reviews and additional stuff,
    is there any other site which provides these kinds of stuff in quality?


    Here is my web blog Ps3 Jailbreak Download - Http://Oppa-Ps.Fs.Cvut.Cz/ -

    BalasHapus
  46. When someone writes an article he/she retains the image of a
    user in his/her brain that how a user can know it. So that's why this piece of writing is perfect. Thanks!

    my site: Playstation 3 Jailbreak

    BalasHapus
  47. I have read so many articles regarding the blogger lovers except this paragraph is actually a
    fastidious post, keep it up.

    My homepage ... telephonez Demenagement Martin

    BalasHapus


Get this widget!
Proudly Powered by Blogger.