Experience

Minggu, 27 Maret 2011

MENGENAL SISTEM PENGHITUNGAN KARBON NASIONAL DI AUSTRALIA

by Unknown  |  in Article Kehutanan at  21.18

ncas perhitungan karbon di australia
Pendahuluan
Pemanasan global yang terjadi saat ini disebabkan semakin banyaknya gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer bumi. Ada dua kelompok gas rumah kaca yaitu kelompok gas rumah kaca yang berpengaruh langsung dan kelompok gas rumah kaca yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap pemanasan global. Gas rumah kaca yang berpengaruh langsung adalah CO2 (karbon dioksida), CH4 (Metana), N2O (Nitro oksida), PFCs (Perfluorocarbons) dan HFCs (Hydrofluorocarbons). Gas rumah kaca yang berpengaruh secara tidak langsung adalah SO2, NOx, CO dan NMVOC.
Dari semua jenis gas rumah kaca tersebut, gas CO2 menempati urutan pertama penyebab pemanasan global. Banyak sumber yang menjadi penyebab dilepaskannya gas CO2 ke udara, diantaranya kegiatan pertanian, peternakan, kehutananan, industri, kendaraan bermotor dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan yang berbasis lahan atau tanah di Indonesia menyumbangkan emisi gas rumah kaca lebih besar dibandingkan sektor industri. Saat ini Indonesia belum memiliki standar sistem penghitungan emisi karbon yang digunakan secara nasional, skala regional ataupun areal tertentu, khususnya penghitungan emisi karbon berbasis lahan. Penghitungan emisi karbon nasional berbasis lahan di Indonesia menjadi sangat penting karena :
  • Untuk mengetahui emisi karbon nasional maupun regional berbasis lahan
  • Untuk mengetahui stok karbon nasional maupun regional
  • Untuk mengetahui perubahan emisi akibat penggunaan lahan
  • Untuk mendapatkan kompensasi internasional dalam peranannya mengatasi emisi karbon dunia
  • Dapat melakukan pengontrolan kegiatan-kegiatan berbasis lahan yang menyebabkan emisi karbon, dan lain-lain.
Sehubungan dengan Indonesia belum memiliki sistem penghitungan karbon nasional, sebaiknya kita mengenal atau mengetahui sistem yang sudah berjalan di negara lain sebagai bahan pemikiran dalam membangun sistem tersebut di Indonesia.
Mengenal NCAS Australia
Salah satu sistem penghitungan karbon nasional yang sudah diakui oleh UNFCCC (konvensi PBB untuk perubahan iklim) adalah sistem penghitungan karbon nasional di Australia, lebih dikenal dengan istilah NCAS (National Carbon Accounting System). NCAS adalah sebuah sistem terdepan yang digunakan untuk menghitung emisi gas rumah kaca berbasis lahan. Emisi-emisi gas rumah kaca  yang bersumber pada aktifitas-aktifitas berbasis lahan dan pelepasan gas rumah kaca ke atmosfer membentuk sebagian besar emisi gas rumah kaca di Australia. Sebanyak 27 persen gas rumah kaca di Australia dihasilkan oleh aktifitas masyarakat dalam hal peternakan, penanaman tanaman produksi, pembukaan lahan dan kehutanan.
NCAS didirikan pada Tahun 1998 dengan maksud untuk menyediakan sistem akutansi, prakiraan dan perencanaan mengenai emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh aktifitas-aktifitas masyarakat di  Australia dalam penggunaan lahan. NCAS telah dikembangkan melalui beberapa tahapan pembangunan dengan penerapan atau pelaksanaannya sebagian besar didorong oleh kebijakan Pemerintah Australia dan isu  internasional mengenai perubahan iklim.
Sistem NCAS pada saat ini telah menjadi referensi dan memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Baseline untuk Kyoto Protocol dan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional pada Konvensi PBB mengenai perubahan iklim (UNFCCC)
· Pelacakan dan penghilangan emisi gas rumah kaca yang berasal dari sektor berbasis lahan
· Proyeksi dan arah tren emisi di masa depan
· Memiliki kapasitas untuk melacak emisi akibat afforestasi (konversi dari areal penggunaan lain menjadi hutan) dan reboisasi.
· Memiliki kemampuan dalam menilai potensi keberhasilan kebijakan dan mengukur pencapaian dalam pengurangan emisi gas rumah kaca
· Pengembangan kerangka program dan data  yang kuat yang mendukung kemampuan menghitung gas2 diluar CO2.
NCAS dibangun tidak hanya memperhatikan satu sektor saja, akan tetapi merupakan sistem akuntansi terpadu yang menggabungkan unsur-unsur lahan secara menyeluruh di dalam proses penghitungannya. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut :
  • Remote Sensing (Penginderaan Jauh) terhadap perubahan tutupan lahan. Data penginderaan jauh  di Australia diperoleh dari ribuan citra satelit yang diperoleh sejak tahun 1970, sehingga diperoleh secara lengkap data perubahan tutupan lahan dari tahun dimaksud sampai sekarang.
  • Data manajemen penggunaan lahan
  • Iklim dan data tentang tanah
  • Program penghitungan emisi gas rumah kaca dan
  • Model ekosistem sementara dan tata ruang
Berikut adalah diagram alir sistem NCAS di Australia :
ncas perhitungan karbon nasional di australia
Tahapan Sistem Desain NCAS
Program NCAS yang ada pada saat ini sebenarnya sudah mengalami beberapa tahap pengembangan. Adapun tahapan proses pengembangan programnya adalah sebagai berikut :
  • Tahap awal (Akhir Tahun 1997 - 1999). Pada tahap ini merupakan tahapan  pembentukan sistem dan arahan  program strategis yang akan dibangun
  • Tahap 1 (Pertengahan Tahun 1999 -  2002), meliputi pengembangan penelitian tertarget dan pengembangan kapasitas sistem.
  • Tahap transisi (Pertengahan Tahun 2002 – 2003) bertujuan untuk menguatkan  persyaratan-persyaratan sistem yang teruji.
  • Tahap 2 (dimulai pertengahan Tahun 2003 sampai sekarang), bertujuan untuk menyediakan kemampuan akuntansi secara lengkap yang mendukung Kyoto Protocol, perbaikan-perbaikan dalam penilaian terhadap perubahan tutupan lahan dan pengembangan lebih lanjut dalam peningkatan program NCAS.
Pengembangan NCAS
Program NCAS yang telah dibangun saat ini telah memenuhi standar untuk menghitung emisi karbon berbasis lahan untuk tingkat nasional dan tingkat internasional. Program NCAS juga dapat digunakan untuk penghitungan karbon pada tingkat proyek atau wilayah kecil, yaitu dengan menggunakan program turunannya yang dikenal dengan program NCAT (National Carbon Accounting Toolbox).
Dengan program NCAT memungkinkan untuk melakukan penghitungan karbon dari aktifitas-aktifitas penggunaan lahan pada tingkat lebih rendah, seperti halnya tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten ataupun wilayah tertentu. Program NCAT sendiri disediakan secara gratis di Australia dan dapat digunakan oleh pengguna untuk menghitung dan menghilangkan emisi karbon dioksida menggunakan data dan model yang sama dengan yang digunakan untuk skala nasional. Sebenarnya untuk kepentingan pembelajaran di Indonesia, program NCAS dan program NCAT beserta contoh-contoh datanya dapat diperoleh dengan meminta secara resmi ke pemerintah Australia.
Program NCAS dan NCAT secara berkesinambungan terus dilakukan pengembangan dan peningkatan kemampuan dan kegunaan sistem. Hal ini dilakukan  agar kedua program tersebut dapat digunakan untuk menghitung  emisi berbasis lahan dari gas-gas rumah kaca lainnya disamping gas karbon dioksida (CO2), seperti halnya gas CH4 (metana) dan N2O (nitro oksida). Pengembangan program juga dilakukan dalam rangka memberikan biaya lebih rendah pada penggunaan penghitungan gas rumah kaca di  tingkat proyek atau skala kecil.
Keberadaan sistem NCAS dalam lingkup internasional diantaranya yaitu digunakan dalam pendekatan kolaborasi oleh Clinton Climate Initiative. Pada proyek Clinton Climate Initiative program NCAS digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan sistem pemantauan karbon global yang dapat membantu dalam pembangunan kehutanan berkelanjutan dan reboisasi dalam pasar karbon global.
Sumber Emisi dan Sumber Pembersih
Tanaman dalam pertumbuhannya selalu melalukan proses fotosintesis dan selalu bertindak sebagai sumber pembersih emisi karbon. Tetapi ketika tanaman dirusak atau diganggu proses pernafasannya, atau tanaman itu membusuk atau dibakar, maka gas karbon yang tersimpan akan dilepaskan ke atmosfer. Sehingga tanaman akhirnya bukan menjadi sumber pembersih, tetapi berubah menjadi sumber emisi gas rumah kaca. Sumber emisi gas karbon juga dapat dilepaskan ke atmosfer sebagai akibat dari penggembalaan binatang. Prosesnya terjadi pada saat binatang-binatang tersebut memakan tanaman. Peningkatan jumlah populasi ternak juga akan meningkatkan emisi, khususnya terjadi ketika hutan dijadikan areal untuk penanaman makanan ternak. Gas karbon juga dapat dilepaskan akibat adanya aktifitas pertanian dan pengelolaan tanah seperti pembajakan dan pemupukan tanah.
Hutan-hutan memegang peranan penting dalam mengurangi emisi gas rumah kaca di atmosfer melalui pembersihan gas karbon dioksida (CO2) di udara. Semakin banyak areal hutan yang dimiliki semakin banyak pula gas CO2 yang dibersihkan di udara. Gas CO2 diperlukan oleh tanaman ataupun pepohonan terutama pada masa pertumbuhan untuk proses fotosintesa yaitu proses pengolahan makanan pada tumbuhan. Sedangkan gas buang yang dihasilkan oleh tumbuhan adalah oksigen (O2) yang sangat diperlukan oleh manusia. Usaha meningkatkan tutupan hutan sangat baik untuk jangka panjang dalam menghilangkan, mengurangi atau menyimpan karbon, dimana gas tersebut akan tersimpan pada pepohonan, daun, batang, akar dan tanah.
Lain halnya apabila pada hutan-hutan tersebut terjadi deforestasi seperti perusakan tanaman, pembakaran pohon, penebangan pohon dan perusakan lahan akan berakibat terjadinya pelepasan gas-gas rumah kaca yang tersimpan di pohon-pohon tersebut ke atmosfer. Kegiatan-kegiatan kehutanan juga memberikan kontribusi emisi gas rumah kaca dari jenis gas non-CO2. Emisi gas CH4 (metana) terbentuk dari pembusukan dan pembakaran pohon, emisi gas nitrogen akibat dari pembusukan, pembakaran, pemupukan dan pembukaan lahan.
Emisi gas-gas rumah kaca juga terjadi di sektor  pertanian. Emisi gas nitrogen yaitu dari pupuk, kotoran hewan, pengolahan tanah atau lahan, pembusukan dan pembakaran. Sedangkan  emisi gas metana terjadi  dari pembusukan dan pembakaran lahan dan semak belukar.
Proses emisi karbon
Penghitungan secara akurat mengenai stok dan aliran karbon memerlukan pengetahuan berbagai aspek terutama mengenai siklus karbon, termasuk di dalamnya perubahan-perubahan yang terkait dengan pertumbuhan, siklus kehidupan  tanaman,  tanah, perubahan tutupan lahan, manajemen pengelolaan  lahan dan iklim. Data tersebut untuk mendapatkan hasil maksimal harus dibandingkan antara sebelum dan sesudah terjadinya deforestasi.
Berikut adalah gambaran utama proses emisi karbon dari kehutanan dan pertanian :
proses emisi karbon
dari gambaran di atas, hutan pada masa pertumbuhan tanamannya akan menyimpan gas karbon atau dikenal dengan istilah karbon biomasa, begitu juga tanaman pada lahan pertanian akan melakukan hal yang sama dan menyimpan karbon biomasa. Akan tetapi ketika hutan tersebut atau tanaman atau pepohonan mengalami pergantian generasi atau mati maka akan dihasilkan litter (sampah) dan akan dihasilkan gas karbon. Kegiatan-kegiatan yang menyebabkan terjadinya land cover change (perubahan tutupan lahan) pada areal hutan dan kegiatan-kegiatan manajemen penggunaan lahan (crop management) pada areal pertanian akan menghasilkan atau melepaskan gas karbon ke udara. Karbon-karbon yang tersimpan di tanah akan terlepas ke atmosfer dan menjadi penyebab terjadinya pemanasan global.
Konstruksi  Layer Data pada NCAS
NCAS dibangun dengan sistem model pengoperasian pada skala yang kecil (25 m). Model ini dapat menentukan perubahan stok karbon pada tingkat spasial yang baik. Pada akhirnya unit spasial 25 meter ini akan membentuk inventori gas rumah kaca skala nasional.
NCAS merupakan kumpulan program-program yang secara pararel menginformasikan sekumpulan model terintegrasi membentuk model FullCAM (full carbon accounting model). Model FullCAM tersebu bisa digunakan untuk mengestimasi emisi dari perubahan penggunaan lahan secara menyeluruh. Program-program pararel terintegraris tersebut meliputi : perubahan tutupan lahan, manajemen tata guna lahan, input iklim, parameter pertumbuhan tanaman dan pohon, kenaikan pertumbuhan dan stok biomasa, parameter pohon, parameter hutan, karbon tanah dan kerangka model.
Dalam melakukan penghitungannya,  program NCAS menggunakan layer-layer data. Layer-layer datanya adalah sebagai berikut :
1. Layer perubahan tutupan lahan (Diperoleh dari citra satelit dengan resolusi piksel 25 meter (terdapat 16 piksel per hektar). Australia menggunakan data citra bulanan dari Tahun 1972 sampai sekarang)
2. Layer perubahan peruntukan lahan (Berisi data-data penyebab terjadinya perubahan tutupan lahan dan mencakup aktifitas-aktifitas perubahan lahan).
3. Layer tipe tanah (Merupakan karakteristik-karakteristik tanah dalam satu unit lahan).
4. Layer tipe hutan (Merupakan tipe hutan dalam suatu unit lahan, diidentifikasi dari layer peta)
5. Layer manajemen (merupakan rentang waktu terjadinya perubahan tutupan lahan, lokasi, tipe tanah dan lain-lain dalam suatu unit lahan).
6. Layer iklim (data iklim bulanan untuk suatu unit lahan, diperoleh dari peta iklim)
7. Layer pertumbuhan biomasa (penghitungan biomasa saat panen, pertumbuhan pohon, regenerasi pohon)
8. Layer input sampah (sampah-sampah yang terdapat di dasar hutan, sampah sisa panen, pergantian alam dan unsur manajemen)
9. Layer pemodelan (laporan karbon bulanan meliputi stok karbon, proses pembentukan dan proses emisi karbon terhitung)
Tingkat perubahan level karbon berbasis lahan setelah terjadinya perubahan penggunaan lahan bervariasi tergantung pada variasi penggunaan lahan, manajemen penggunaan lahan dan sifat alami tanah. Program manajemen dan penggunaan lahan pada NCAS menjelaskan tentang penggunaan lahan dan sistem manajemen yang dipakai, hal ini mempengaruhi level karbon tanah setelah terjadinya deforestasi.
Tipe tanah informasinya dikumpulkan dari masing-masing daerah,  termasuk didalamnya tipe tanaman dan tipe pengelolaan  berdasarkan waktu.  Hasil kajian diperoleh bahwa di Australia  terdapat 141 perbedaan dalam hal sistem tanam dan sistem penggembalaan. Informasi yang diperoleh dikumpulkan selama rentang waktu yang direncanakan, hasilnya dijadikan sebuah model FullCAM database relasional.
Laju perubahan stok karbon dari waktu ke waktu juga dipengaruhi oleh iklim yang berlaku pada masing-masing unit lahan. Pada program climate input (salah satu program tentang iklim yang terintegrasi pada NCAS), curah hujan minimum, curah hujan maksimum, rata-rata temperatur, penguapan air dan tingkat kekeringan harian selama periode waktu tertentu diperoleh dari Biro meteorology Australia. Data stasiun meteorologi ini memberikan prakiraan cuaca  yang mencerminkan pengaruh cuaca  pada suatu tempat dan menghasilkan peta iklim bulanan dengan resolusi 1 kilometer.
Karbon yang tersimpan dalam biomasa tanaman perlu dilakukan penghitungan sebagai stok karbon. Karbon biomasa akan memperngaruhi tingkat perubahan dalam karbon di dalam tanah, tanaman dan sistem tanaman untuk peternakan. Pada Program parameter pertumbuhan tanaman dan pohon memberikan data relevan mengenai hasil panen, alokasi variasi pertumbuhan dari masing-masing komponen tanaman, pengguguran material pohon secara alami dan proses pembusukan, semuanya berpengaruh pada kedua hal yaitu  stok karbon tanah dan stok karbon sampah. Data yang telah dikumpulkan untuk masing-masing daerah biogeografis berdasarkan tipe tanah, tipe tanaman dan sistem penanaman dari waktu ke waktu, dimasukan ke dalam database relasional yang mendukung model FullCAM.
Baik UNFCCC maupun Protokol Kyoto mensyaratkan untuk menghitung hilangnya karbon biomasa sebagaimana cara karbon dipisahkan pada saat pertumbuhan kembali atau regenerasi hutan. Pada program input stok biomasa, tahapan pertumbuhan, parameter pohon dan parameter tanaman memberikan peta perkiraan biomasa pada saat pohon atau tanaman menjadi dewasa. Pada program input ini juga memberikan gambaran mengenai sejarah gangguan, tingkat pertumbuhan kembali, pengguguran alamiah, pembusukan dan pengaruh-pengaruh dari suatu sistem pengelolaan lahan. Sehingga  pada akhirnya dapat diperkirakan jumlah stok karbon yang tersimpan dalam tanaman, batang pohon, daun, akar, sampah hutan dan membentuk sebuah model perubahan stok karbon
Berikut adalah gambaran dari model FullCAM  dan komponen-komponen yang membentuk karbon dan sub modelnya.
model fullcam carbon
NCAT
NCAT (national carbon accounting toolbox) dalam CD programnya berisi hal berikut ini :
1. Satu set alat untuk melakukan pelacakan emisi gas rumah kaca dan perubahan stok karbon akibat pengaturan dan penggunaan lahan.
2. Model FullCAM (Full Carbon Accounting Model) yang berasal dari Sistem akuntansi karbon nasional (NCAS).
3. Dokumentasi atau referensi teknis yang mudah diakses
Persyaratan teknis komputer untuk dapat menggunakan program NCAS maupun NCAT adalah sebagai berikut :
  • Sistem operasi Win2000/NT4SP6/XP sp2
  • CPU-Pentium 233MHz atau lebih cepat
  • Memori minimal 256MB
  • Hard Disk 120MB
  • Resolusi tampilan minimal 800x600 dengan true colour
  • CD Room
  • Program browser Internet eksplorer 5 atau diatasnya
Program NCAS dan NCAT juga disediakan data satelit dalam bentuk DVD dan dikenal dengan istilah Data Viewer. Data Viewer tersebut berisi panduan penggunaan dan image satelit. Data image satelit yang ada diberikan yaitu selama 30 tahun terakhir. Dengan menggunakan snapshot, dari data satelit tersebut kita dapat melihat suatu wilayah dan dilakukan perbesaran, membandingkan perubahan suatu wilayah dari tahun ke tahun, membandingkan data iklim dan statistik tutupan lahan.
Data viewer juga dengan fasilitas property atau regional scale dapat menilai hal berikut ini :
  • Tempat dimana tutupan atau tajuk pohon berubah
  • Daerah mana saja yang paling efektif dalam penanaman pohon
  • Daerah mana saja yang menjadi target reboisasi
  • Daerah mana saja yang mengalami kekeringan
Penutup
Hal-hal tersebut di atas merupakan gambaran secara umum penghitungan karbon nasional di Australia. Adapun hal-hal yang bersifat teknis secara mendetail dapat kita peroleh di website resmi pemerintah Australia, yaitu di alamat : http://www.climatechange.gov.au/ncas/index.html. Demikian gambaran awal contoh sistem penghitungan karbon, semoga bermanfaat.
Sumber Pustaka

0 komentar:


Get this widget!
Proudly Powered by Blogger.