Experience

Minggu, 11 September 2011

Tak Ada Toleransi Bagi Pembalakan Liar

by Unknown  |  in Article Kehutanan at  13.59


Zulkifli Hasan opini
Mienteri Kehutanan Zulkifli Hasan menegaskan tidak ada toleransi bagi pelaku pembalakan I liar hutan di Tanah Air karena dampak yang ditimbulkan sangat merugikan bagi lingkungan dan masyarakat. "Kementerian Kehutanan tidak memberikan toleransi kepada pelaku pembalakan liar karena yang diuntungkan dalam aktivitas tersebut hanya oknum pengusaha.kata Zulkifli Hasan di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Senin.
Hal tersebut disampaikan usai membuka rapat koordinasi Pemerintah Provinsi dengan Bupati/walikota se-Sumbar di Gedung Syamsiar Thaib, Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. enurut Zulkifli, pemberantasan pembalakan Har didukung penuh oleh Polri beserta jajarannya untuk mencegah agar tidak terjadi kerusakan hutan yang semakin luas di Tanah Air. "Pelaku pembalakan liar tidak bermoral dan prilakunya menyebabkan hutan dan ekologi menjadi rusak serta merugikan pemerintah dan masyarakat setempat" lanjut dia.
Dikatakannya, pemerintah tidak mendapatkan manfaat apapun dari aktivitas pembalakan liar dan pendapatan masyarakat setempat juga menjadi berkurang akibat rusaknya hutan. Selain itu, daerah yang menjadi sasaran pembalakan liar akan rawan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.Karena itu memberantas pembalakan liar merupakan kewajibaan bersama semua pihak," kata dia.
Ia menambahkan, saat ini tengah dibahas Undang-Undang mengenai pencegahan pembalakan liar di DPR. Dalam.pembahasan undang-undang tersebut akan dibentuk badan khusus yang menangani pembalakan liar,lanjut dia.
Selain itu, Menteri Kehutanan juga mengharapkan kerjasama perdagangan karbon yang dilakukan Indonesia dengan negara sahabat bisa memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat. "Berdasarkan hasil evaluasi, kerja sama perdagangan karbon belum memberikan kontribusi yang maksimal bagi masyarakat setem-pat,kata Zulkifli.
Dikatakannya, saat ini permintaan terhadap Indonesia untuk melakukan perdagangan karbon dan restorasi ekosistem dari berbagai negara sahabat serta pihak swasta diluar negeri meningkat luar biasa.#rin

5 komentar:

  1. informasi yang sangat menarik dan bermanfaat nih
    terimakasih banyak gan
    salam sukses selalu

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak atas info nya
    yang udah di share
    terus berkreasi gan

    BalasHapus
  3. keren gan info nya
    terimakasih info nya
    ditunggu update nya gan gan

    BalasHapus
  4. artikel nya sangat basus
    dan menarik untuk dibaca
    terimakasih atas info ny

    BalasHapus
  5. Pembalakan Liar sangatlah merusak Alam..
    Info penyadaran nih gan.. terimakasih..

    BalasHapus


Get this widget!
Proudly Powered by Blogger.