Experience

Jumat, 17 Mei 2013

Desa Tanjung harapan hulu sungkai Lampung utara

by Unknown  |  in All Article at  13.13


GAMBARAN UMUM KONDISI DESA

       

             Diawal tahun 1952 ada beberapa kelompok orang  pendatang  (suku ogan) yang mau mencoba untuk mencari lahan untuk bercocok tanam , yang mana waktu itu keberadaan tanah sangat subur dan hijau. Pada waktu itu juga sudah ada penduduk asli ,namun antara pendatang dan penduduk asli tidak ada permasalahan  saling mengenal dan membantu  pembukaan lahan baru. Dan beberapa klp orang tsb membuat tempat tinggal di masing masing lahan yang mereka buka / garap.  Dengan kehidupan masih dalam keadaan primitif

             Beberapa tahun kemudian dari beberapa klp orang tsb mulai mendirikan perkampungan, dan dari tahun ketahun pendatang terus bertambah dan menetap. Wilayah   perkampungan tsb termasuk ke wilayah kampung Tulung Buyut . Dan selanjutnya lama kelamaan perkampungan / pemukiman ini  mulai ada peningkatan dan kemajuan seiring dengan pergeseran masa dan pertukaran waktu. Orang orang / masyarakat yang hidup di seputaran wilayah ini lalu menemukan dan medirikan perkampungan dan diberi nama , wilayah pemukiman sebelah utara diberi nama Tanjung miring, wilayah barat diberi nama Tanjung menang dan Talang Kijang sedangkan  sebelah selatan diberi nama Tanjung Besar. Pemukiman ini sejak tahun 1952  s/d tahun 1971 dibawah naungan kampung Tulung Buyut dan di pimpin oleh seorang Kepala Negeri.

             Semenjak tahun 1971 dari keempat perkampungan ini dimekarkan dari perkampung Tulung Buyut  dengan disepakati nama kampung oleh tokoh masyarakat menjadi kampung Tanjung Harapan. Dan dari situlah pola pemikiran masyarakat yang tinggal diwilayah baru mulai menemukan kehidupan dan penghidupan yang selama ini terbelenggu dalam kehidupan primitive, pola pemikiran mulai terbuka dan mulai mengenal apa yang dinama kan Kepala Negeri dan lain sebagainya.. Dan pada waktu itu juga seorang Kepala Negeri yang dibantu oleh kepala suku mulai bersatu dengan masyarakat dan saling bergandengan tangan untuk memulai kegiatan kegiatan sosial / gotong royong pembukaan jalan, membangun tempat ibadah serta mulai menata Perkampung, dan lama kelamaan berkat saling bekerja sama antara pimpinan dengan masyarakat, sehingga terciptalah Desa / kampung  yang mulai tertata dengan masyarakatnya berkehidupan nyaman dan aman.

             Dalam kurun waktu yang tidak sebentar perubahan perubahan wilayah Tanjung harapan mulai kelihatan. Pemerintah sudah mulai melihat dan tau keadaan dan kondisi Desa Tanjung Harapan , sedangkan mata pencarian masyarakat sebagian besar bertani. Namun tak terputus dari pandangan Pemerintah untuk memberikan bantuan ,baik pembangunan maupun disektor Pertanian. Dan berdasarkan legenda cerita desa Tanjung Harapan  dari mulainya berdiri  terus menerus melaksanakan program Pemerintahan yang tak pernah terputuskan hinngga saat ini  dari kehidupan dalam kegelapan  menjadi Desa yang setara dengan desa desa tetangga. Dan itulah Desa Tanjung Harapan .

              Demikian sekelumit legenda cerita  asal usul Desa Tanjung Harapan  yang diperoleh / dikutip berdasarkan keterangan tua tua Desa dan masyarakat. Namun Cerita asal usul ini bukan lah piktif belaka  melainkan Tanjung Harapan Dari penghidupan dalam kegelapan menjadi Tanjung Harapan terang benderang di era modern  ini.

1 komentar:

  1. tambah kan lagi gambar tj .harapan agar lebih diketahui kondisi fisiknya..

    BalasHapus


Get this widget!
Proudly Powered by Blogger.