Experience

Selasa, 13 Mei 2014

Belajar-Mengajar Tidak Hanya di Ruang Kelas (Pengenalan Kegiatan Pengelolaan Hutan bagi Siswa dan Guru SD) PT.Sari Bumi Kusuma (SBK)

by Unknown  |  in Article Kehutanan at  09.15

Setelah lama fakum akhirnya megang lagi ni blog, ane mau coba posting tentang sebagian kecil kegiatan PMDH (Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan) di Perusahaan PT. Sari Bumi Kusuma (SBK) cabang Nanga Nuak
ane cuma bantu posting yang nulis Pak Yudhi Hendro S, S.Hut.
yah sapa tau bisa menginspirasi guru-guru di luar sana, dan mudah-mudahan juga generasi muda yang di didik makin mengerti tentang arti keberadaan Hutan dan bisa menjaga nya agar tetap lestari

Cekidot


 Selama ini kita sering beranggapan, pendidikan selalu identik dengan proses belajar mengajar di sekolah dan ruang kelas. Mulai jenjang pendidikan dasar (SD), pendidikan menengah (SMP dan SMU), hingga pendidikan  tinggi (PT), kegiatan belajar lebih banyak dilakukan dengan metode “guru menyampaikan dan dan murid mendengarkan”. Ketika saat mengajar tiba, guru berdiri di depan kelas, siswa mendengarkan dan menyimak berbagai pelajaran yang disampaikan. Berbagai mata pelajaran yang disusun sesuai kurikulum pun disiapkan.
Bersumber pada buku-buku pelajaran yang ditentukan, guru menyampaikan materi pelajaran  agar dihafal dan dipahami siswa. Cara pemahaman materi yang lebih mengutamakan proses learning by listening oleh siswa. Dalam kegiatan tersebut, proses pemahaman materi akan sangat ditentukan oleh cara guru menyampaikan dan ketersediaan materi pelajaran. Sebenarnya, proses belajar mengajar tersebut tidah hanya dapat dilakukan di ruang kelas. Di luar ruang kelas, alam sekitar adalah sumber pengetahuan yang tiada terbatas untuk dipelajari. Banyak contoh yang bisa dilihat langsung oleh siswa-siswa pada saat belajar dari alam sekitarnya, mulai dari berbagai jenis tanaman maupun hewan. Bisa jadi, selama ini mereka tahu tanaman padi karena mendapat penjelasan dari gurunya atau melihat gambar yang ada dalam buku pelajaran. Namun, dia tidak pernah melihat langsung tanaman tersebut, bagaimana cara menanamnya, di mana tempat hidupnya maupun berapa lama tanaman tersebut bisa menghasilkan beras. Demikian juga dengan para tenaga pengajar atau guru-guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. Pengenalan alam sekitar akan memperkaya khazanah dan wawasan berpikir mereka. Pengetahuan yang diperolehpun tidak hanya bersumber dari buku-buku pelajaran, tapi juga dari apa yang dilihat dan diamati.
Pelajaran bagaimana pohon tumbuh lebih mudah dipahami bila guru-guru pernah melihat proses yang sebenarnya. Mulai pengadaan bibit, menanam sebatang pohon, hingga pohon tersebut tumbuh besar berumur beberapa tahun.
Jika guru mengajarkan apa itu pupuk? Mengapa tanaman harus dipupuk? Bagaimana cara membuatnya ? Semua bisa dilihat dan dipelajari di lokasi persemaian. Proses pengenalan terhadap alam sekitar dan lingkungan seperti di atas, semuanya dapat dilihat dan dipelajari dalam kegiatan pengelolaan hutan yang dilaksanakan oleh PT. Sari Bumi Kusuma.

Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen dan kepedulian dalam mempertahankan kelestarian lingkungan, sosialisasi dan pengenalan tidak hanya dilakukan terhadap para birokrat, NGO dan masyarakat. Upaya mengenalkan kegiatan pengelolaan hutan dan kelestarian lingkungan hidup juga ditujukan kepada siswa-siswa dan guru-guru. Hal tersebut juga sekaligus memperkaya pengetahuan dengan melihat dan belajar langsung di alam terbuka. Proses belajar yang tidak hanya berlangsung di ruang kelas ataupun gedung sekolah dalam suasana formal. Proses pemahaman materi yang dilakukan sambil bermain dan bercanda ria. Proses belajar yang dilakukan dalam suasana keakraban,  rileks,  gembira, dan dinikmati oleh siswa-siswa dan guru-guru.

                                                     

                                                            
           


            

12 komentar:

  1. terimakasih banyak atas info nya
    yang udah di share
    terus berkreasi gan

    BalasHapus
  2. info nya menarik untuk dibaca
    dan bermanfaat
    terimakasih udah share info nya
    gan

    BalasHapus
  3. mantap gan info nya
    yang sangat bermanfaat
    saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  4. artikel nya sangat basus
    dan menarik untuk dibaca
    terimakasih atas info ny

    BalasHapus
  5. bagus sekali info nya gan
    sangat menarik dan manfaat
    ditunggu info nya gan

    BalasHapus
  6. mantap banget info nya
    selalu ditunggu info selanjut nya
    terimakaasih

    BalasHapus
  7. terimakasih atas info nya sangat bermnanfaat
    dan menambah wawasan

    BalasHapus
  8. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  9. ijin menyimak artikel nya gan
    terimakasih atas informasinya
    sukses terus

    BalasHapus
  10. dengam membaca dapat menambah wawasan
    terimakasih gan info nya

    BalasHapus
  11. blog nya penuh dengan artikel yang bagus
    betah deh di blog ini
    terimakasih gan

    BalasHapus


Get this widget!
Proudly Powered by Blogger.